BKKBN Kepri Sosialisasi Pendampingan 3 Bulan Bagi Catin

Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah ,S.kp., M.Si, Mengharapkan Kemitraan Mampu Menekan Stunting

Tanjungpinang, BKKBN Kepri. Interaksi kemitraan harus dapat terjalin kuat, Ibu Kota Provinsi Kepulauan (Kepri), Tajungpinang harus terbebas dari stunting.

Nada ini disamapaikan lansung oleh Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah ,S.kp., M.Si pada pertemuan Sosialisasi Pendampingan Tiga Bulan Pra-Nikah bagi Calon Pengantin (Catin) yang dilaksanakan di ruang pertemuan Puskesmas Pancur Tanjungpinang, Jumat(25/11/2022).

Dihadapan kurang lebih 30 orang peserta yang hadir, Endang juga selaku Wakil Walikota Tanjungpinang menegaskan keterlibatan mitra dan stakholder harus terjalin erat guna target percepatan penurunan stunting dapat tercapai.

“Saya titip kemitraan ini kepada Ibu Kadis Kesehatan, Dalduk dan KB, dr. Elfiani Sandri, MPH, agar tetap menjaga keharmonisan dan berjalan erat, terangnya dalam memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka pertemuan sosialisasi tersebut.

Pada sosialisasi tersebut dihadiri Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Kota Tanjungpinang serta, beberapa tokoh lintas agama, serta staf kelurahan yang mengurus pendaftaran bagi catin yang berkunjung ke Kantor Kelurahan.

Pertemuan tersebut merupakan upaya pemahaman bagi pengelola pendafataran catin dari beragam agama agar dapat memanfaat aplikasi elektonik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) sebagai aplikasi yang mendampingin catin untuk hidup sehat agar terhindar melahirkan anak yang beresiko stunting.

Pada kesempatan tersebut Endang juga menjelaskan dan meberikan apresiasi bahwa keterlibatan umat dalam membantu anak yang beresiko stunting di Kota Tanjungppinang telah berjalan.

Peran Baznas dan DMI Kota Tanjungpinang

Adanya Peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungpinang dengan programnya “one mosque – one child” jamaah Masjid menjadi bapak asuh dalam membantu memberikan pengutan intervensi makanan tambahan bergizi kepada anak penderita stunting satu masjid, satu anak penderita stunting telah berjalan dan telah disalurkan kepada penerima yang berhak.

Selain kerterlibatan menghimpun jamaah Masjid menjadi bapak asuh stunting, DMI Kota Tanjungpinang telah mengeluarkan himbaun secara seretak kepada seluruh pengurus Masjid yang ada di Kota Tanjungpinang untuk mensyiarkan atau menjadikan materi khutbah Jumat yang telah disusun atau dibuat oleh DMI Kota Tanjungpinang agar dapat disampaikan pada Sholat Jumat kepada umat muslim.

Pada kesempatan tersebut, Manajer Program Satuan Tugas (Satgas) Stunting Provinsi Kepri, R. Patria menyampaikan bahwa tidak seharusnya bangsa ini meninggalkan generasi yang lemah.

“Dimasa mendatang estafet pembangunan negara dan bangsa ada pada tangan anak-anak sekrang. Tidak seharusnya kita meninggalkan generasi yang lemah. Bangsa ini harus memiliki generasi yang kuat, yang cerdas serta sehat agar mereka kelak dapat meneruskan pembangunan dan peradaban bangsa yang besar ini, ujar Patria. (kepri.bkkbn.go.id/Mohd Dwi Nanto)

Open chat
Butuh Bantuan?
Perwakilan BKKBN Kepri
Hai Sobat Banggakencana Kepri
Nak Tau Informasi atau lain nya??
Jom hubungi kami ....