BKKBN Kepri, Kemenang dan Dinkes Tanjungpinang Maksimalkan Elsimil

Pencegahan Stunting: Pendampingan Tiga Bulan Pra-Nikah bagi Catin

Tanjungpinang, BKKBN Kepri. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang Drs. Ahmad Husein di ruang kerjanya, pada Selasa (22/11/2022) menyatakan kesiapannya bersama Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Keluarga Berencana (KB) Kota Tanjungpinang melaksanakan sosilisasi pencegahan stunting dengan melibatkan staf kelurahan (administrator pendafataran menikah), Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) serta para tokoh agama lintas agama.

Kepala Subkoordinator Penggerakan Advokasi dan KIE, Sri Parwanti, bersama Kepala Sub Bidang Pengendalian Penduduk, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Andi melakukan sinergi program pendampingan tiga bulan pra nikah bagi calon pengantin (catin) Kota Tanjungpinang.

“Pada sosialisasi nanti, kita mengharapkan Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang menyampaikan kepada seluruh Kepala KUA untuk memanfaatkan aplikasi elekronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) kepada seluruh catin yang akan melangsungkan pernikahan,” papar Sri Parwanti.

Pemanfaatan Elsimil bagi para catin ini, Sri Parwanti menambahkan, agar dapat memantau upaya pencegahan lahirnya anak yang beresiko stunting.

Pada Peraturan Presiden tentang pencegahan dan penurunan stunting, diamanatkan bahwa calon pengantin (catin) harus mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pendampingan selama 3 bulan serta bimbingan perkawinan yang didalamnya terdapat materi pencegahan stunting.

Berdasarkan hal tersebut, Kemenang Kota Tanjungpinang dengan menghadirkan Program Pendampingan, Konseling dan Pemeriksaan Kesehatan dalam Tiga Bulan Pra-Nikah.

Rencana pelaksanaan sosialisasi tersebut akan dilaksanakan pada Jumat (25/11/2022) di Puskesmas Pancur Kota Tanjungpinang yang turut di hadiri oleh Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) KotaTanjungpinang, Endang Abdullah. (kepri.bkkbn.go.id/Mohd Dwi Nanto)

Open chat
Butuh Bantuan?
Perwakilan BKKBN Kepri
Hai Sobat Banggakencana Kepri
Nak Tau Informasi atau lain nya??
Jom hubungi kami ....