Cegah Stunting Lintas Agama Bagi Catin

Tanjungpinang, BKKBN Kepri. Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri, Rohina, M.Si melalui Kepala Subkoordinator Penggerakan Advokasi dan KIE, Sri Parawanti menghadiri sekaligus menyaksikan penandatangan kerjasama antara Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga Berencana Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan Ketua Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) dan Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Protestan Kota Tanjungpinang.

Kerjasama tersebut merupakan upaya langkah pendampingan tiga bulan bagi calon pengantin (catin) yang beragama Kriten Protestan dan Budha dalam upaya pencegahan terjadinya kelahiran anak yang beresiko stunting pada setiap catin.

Dihadiri Walikota Tanjungpinang, Rahma yang turut mengesahkan kerjasama tersebut yang mengaharapkan kerjasama ini dapat membantu dalam melakukan medampingan bagi catin yang beragama Kristen Protestan dan Budha.

“Kerjasama ini merupakan langkah atau upaya pencegahan terjadinya stunting bagi anak dari si catin yang nantinya akan menikah,” ujar Rahma dalam sambutan dan pidatonya selepas meyaksikan kerjasama tersebut yang diselenggarakan dalam momentum Jambore Kader Posyandu tingkat Kota Tanjungpinang, di Lapangan Pamedan, Sabtu (19/11/2022).

Ditempat terpisah, seusai mengadiri Jambore Kader Posyandu tingkat Kota Tanjungpinang, Sri Parwanti menjelaskan pedampingan tiga bulan bagi beragama Islam telah dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA).

“Kali ini kita berharap para catin yang beragama Kristen dan Budha dapat dilakukan pendampingan selama tiga bulan,” terang Sri Parwanti.

Ia juga menjelaskan bahwa para catin yang beragama kristen akan melalukan pendafataran hingga pernikahannya di masing-masing Gereja begitu juga dengan yang beragama Budha akan menikah di Vihara.

“Teknis pemanfaatan aplikasi Elsimil (elekronik Siap Nikah dan Hamil-red), sebagai aplikasi yang dapat memantau para catin agar terhindar terlahirnya anak yang beresiko stunting, kita harapkan juga dapat dimanfaat oleh para tiap catin, tentunya nantinya akan diarahkan dan disarankan oleh pemuka agamanya masing-masing,” kata Sri Parwanti. (kepri.bkkbn.go.id/Mohd Dwi Nanto)

 

Open chat
Butuh Bantuan?
Perwakilan BKKBN Kepri
Hai Sobat Banggakencana Kepri
Nak Tau Informasi atau lain nya??
Jom hubungi kami ....