Pemkab Karimun dan BKKBN Komitmen Menurunkan Angka Stunting

Audensi Pendampingan Konseling dan Pemeriksaan Kesehatan Tiga bulan Pra Nikah sebagai Upaya Pencegahan Stunting dari Hulu/foto: Dwi

Karimun, BKKBN Kepri. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Riau menggelar Audiensi dan Penandatanganan Komitmen tentang Pendampingan Konseling dan Pemeriksaan Kesehatan Tiga bulan Pra Nikah sebagai Upaya Pencegahan Stunting dari Hulu.

Kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan angka Stunting di Provinsi Kepulauan Riau tahun 2023 mendatang, dengan melakukan pencegahan secara dini melalui pendampingan dan pemeriksaan kesehatan kepada calon pengantin.

“Pendampingan konseling dan pemeriksaan kesehatan ini sangat dibutuhkan terutama bagi calon pengantin tiga bulan sebelum menikah,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kepri Rohina, Kamis (26/8/2022).

Ia mengatakan, pencegahan stunting dapat dicegah dari hulu melalui pendampingan dengan sasaran calon pengantin yang nantinya akan melahirkan seorang anak.

“Dengan begitu, pencegahan dapat dilakukan dan dapat mewujudkan penurunan angka stunting di 2023 mendatang,” katanya.

Dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia, stunting jadi tantangan sekaligus permasalahan serius yang perlu ditangani dengan solusi tepat.

Dengan penurunan angka stunting, pihaknya melakukan pendampingan yang dibantu dengan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil).

“Aplikasi Elsimil merupakan upaya pemerintah memberikan keterbukaan informasi pada publik, khususnya sebagai alat pemantau kesehatan bagi ibu hamil serta media edukasi pernikahan dan hamil, terutama yang terkait dengan faktor risiko stunting,” ujarnya.

Menurutnya, angka Stunting di Karimun saat ini mencapai 17,6 dan masuk dalam kategori masih dibawah 20 persen dari standart World Health Organization (WHO).

“Masih dibawah standart WHO, tapi harapannya bisa turun diangka 10,2 persen bahkan dibawah itu di tahun 2022,” katanya.

Upaya menurunkan angka Stunting di Kabupaten Karimun itu juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Karimun. Hal itu disampaikan Asisten 1 Pemkab

Penandatanganan Komitmen Pencegahan Stunting dari Hulu oleh Kepala KUA se Kabupaten Karimun / Foto: Dwi

Karimun Sularno.

Menurutnya, Pemkab Karimun bersama Dinas Kesehatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan berupaya menurunkan angka stunting di Karimun.

“Kita akan tekan angka stunting, karna semakin turun angka stunting akan semakin bagus. Artinya menandakan bahwa kesejahteraan masyarakat Karimun meningkat,” ujar Sularno.

Pihaknya juga memberikan apresiasi terkait kegiatan yang dilakukan BKKBN Kepri, demi kebaikan masyarakat yang turut mendukung menekan stunting.

“Tanpa dukungan semua pihak terkait komitmen yang digelar antar seluruh KUA, Camat, Kepala Pukesmas. Apabila semua pihak berkolaborasi tentunya stunting Karimun akan dapat tercapai 10,2 tidak harus menunggu di tahun 2024,” katanya.

pertama kali di terbitkan di: https://lendoot.com/pemkab-karimun-dan-bkkbn-komitmen-menurunkan-angka-stunting/

Baca Berita lainnya: https://lendoot.com/

Open chat
Butuh Bantuan?
Perwakilan BKKBN Kepri
Hai Sobat Banggakencana Kepri
Nak Tau Informasi atau lain nya??
Jom hubungi kami ....