Perguruan Tingi Se-Kepri Sepakat akan Menekan Angka Stunting

Batam-BKKBN Provinsi Kepri. Presiden RI telah menargetkan pada tahun 2024 prevalensi stunting menjadi 14 persen dari prevalensi 27,6 persen di tahun 2019 lalu. Melalui penugasan ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dituntut target untuk menurunkan prevalensi stunting rata-rata sebesar 2,7 persen setiap tahunnya.

Sejumlah langkah luar biasa harus segera dilakukan untuk mewujudkan target tersebut. BKKBN harus menyiapkan strategi dan rencana aksi yang tepat untuk mengawal dari hulu hingga hilir kesehatan ibu dan anak, seribu hari sebelum dan pasca kelahiran.

Deputi Lalitbang BKKBN, Prof. drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD menyampaikan arahan / Foto: Tangkapan Layar

Penyiapan strategi dan rencana aksi merupakan pekerjaan besar bagi BKKBN bersama kementerian/lembaga hingga pemerintah daerah di tengah tantangan pandemic Covid-19 yang semakin besar, hal ini disampaikan lansung oleh Deputi Lalitbang BKKBN, Prof. drh. Rizal Damanik, MRepSc, PhD pada Rapat Koordinasi Pelaksana Kerjasama Penurunan Stunting dengan Perguruan Tinggi Seluruh Provinsi Kepri, Selasa (14/09/2021) melalui pertemuan virtual.

“Seperti kita ketahui bersama, angka kemiskinan meningkat menjadi sekitar 30 persen akibat pandemi, sehingga diperlukan pendekatan dengan daya ungkit yang lebih besar dengan melakukan pengawalan dan memberi kepastian kepada setiap calon pengantin, khususnya calon ibu, ibu hamil dan menyusui, serta bayi dan balita mendapatkan asupan nutrisi yang baik serta mendapatkan fasilitas kesehatan berkualitas,” Papar Prof Rizal.

Dikesempatan yang sama Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad turut menekankan bahwa percepatan penurunan stunting harus dilakukan secara holistik, integratif dan berkualitas. Penurunan stunting mencakup intervensi spesifik dan sensitif yang dilaksanakan secara konvergen yang dilaksanakan secara multi sektor baik yang di pusat maupun yang di daerah.

Pada rapat koordinasi, BKKBN mengundang perguruan tinggi yang ada di Provinsi Kepri untuk turut serta terlibat aktif dalam penekanan penurunan stunting di Provinsi Kepri.

Gubenur Provinsi Kepri meminta kepada perguruan tinggi untuk berperan pada penguatan riset dan inovasi serta pemanfaatan pengembangan hasil riset dan inovasi dengan keluaran persentase kabupaten kota yang menerima pendampingan percepatan penurunan stunting melalui tri dharma perguruan tinggi.

“Kami sangat berharap perguruan tinggi di Provinsi Kepri dapat mengambil peran untuk secara bersama pemerintah daerah untuk menurunkan angka stunting di Provinsi Kepulauan Riau,” ujarnya.

Gubernur Provinsi Kepri juga mengharapakan komitmen dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri dan bersama bersama tim konvergensi Provinsi Kepri bisa secara bersama-sama perguruan tinggi seluruh Provinsi Kepri untuk secara konsekuen melaksanakan program yang telah di susun secara efektif.

“Kita harus bekerja lebih keras dalam mendukung kerjasama bahwa keberadaan kita itu dalam pembangunan di negeri ini,” papar Ansar mengakhiri sambutan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pelaksana Kerjasama Penurunan Stunting dengan Perguruan Tinggi Seluruh Provinsi Kepri.

Provinsi Kepri Zero Stunting Tahun 2024 

Rapat berakhir hingga tengah hari, dan seluruh perguruan tinggi berkomitmen secara bersama untuk segera menurunkan angka stunting, hingga zero stunting pada tahun 2024 di Provinsi Kepri.

Peserta rapat vitual Rapat Koordinasi Pelaksana Kerjasama Penurunan Stunting dengan Perguruan Tinggi Seluruh Provinsi Kepri / Foto: Tangkapan Layar

Berbagai usulan, masukan serta pertimbangan yang bijak dari seluruh peserta untuk mengejar cita-cita ini, dan kesepakatan bersama akan tertuang dalam perjanjian kerjasama antara Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri bersama seluruh perguruan tinggi dalam mensukseskan program ini.Tridarma perguruan tinggi akan dimanfaakan secara maksimal, sehingga terbangun kesadaran di tengah masyarakat untuk selalu memperhatikan pola asupan gizi sehingga tidak timbul lagi kasus stunting di Provinsi Kepri (kepri.bkkbn.go.id/Mohd Dwi Nanto)

Open chat
Butuh Bantuan?
Perwakilan BKKBN Kepri
Hai Sobat Banggakencana Kepri
Nak Tau Informasi atau lain nya??
Jom hubungi kami ....