Peringatan Harganas Makan Ikan Cegah Stunting

Pembagian Bubur Ikan (foto: dwi)

Lingga, BKKBN Kepri. Kepulauan Riau kaya akan sumber pangan khususnya ikan. Yakin dengan menkonsumsi ikan setiap hari masyarakat Kepri akan cerdas dan sehat mari galakan gerakan makan ikan.

Ajakan ini disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kepulauan Riau, Dewi Kumalasari untuk masyarakat gemar mengkonsumsi ikan.

Hal itu disampaikan saat memperingati Hari Keluarga Nasional (Hagarnas) tingkat Provinsi Kepri, sekaligus mengampanyekan gerakan memasyarakatkan makan ikan di Desa Panggak Laut Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga, Kamis (24/6/2021)

“Karena, ikan adalah makanan yang banyak kandungan gizi serta protein yang tinggi, dan sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak,” ungkapnya, ia juga menambahkan, kelak anak cucu kita akan terhindar dari bahanya stunting dan akan tumbuh dengan sehat serta pasti akan cerdas.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan adalah program nasional yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat gizi dari makan ikan sejak dini.

Selain itu, lanjut Dewi gerakan gemar makan ikan, juga bisa mengurangi masalah stunting pada bayi. Terutama, sejak bayi dalam kandungan. Sehingga, bayi tumbuh kuat dan sehat.

Bersama Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Kepri Kita cegah Stunting

“Bagi ibu hamil dan menyusui juga musti gemar mengkonsumsi ikan, untuk bayi dalam kandungan serta bayi yang menyusi akan bermanfaat besar bagi si bayi,” terangnya dengan semangat mengkampanyekan gerakan makan ikan kepada masyarakat yang hadir.

Banyak makan ikan, ia menambahkan, akan memberikan kesehatan pada tulang dan mata, serta bisa meningkatkan sistem imun tubuh,” katanya.

Wakil ketua II DPRD Kepri ini juga berharap, para ibu yang masih memiliki anak balita, benar-benar memperhatikan gizi anaknya.

Begitu juga dengan ibu hamil. Kebutuhan gizi anak, setidaknya harus diperhatikan sejak 1000 hari pertama kehidupannya.

“Memberikan makanan bergizi pada anak, tidak harus makanan yang mahal. Cukup yang murah tapi memiliki kandungan gizi yang banyak, yaitu ikan,” imbuhnya.

Gerakan gemar makan ikan ditandai dengan penyuapan pada sejumlah bayi, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Lingga Maratusoliha M Nizar membanggikan bubur ikan.

Kegiatan Gerakan gemar makan ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya stunting di Provinsi Kepri. Bermitra Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Kepri program ini dapat berjalan pada Puncak Peringatan Harganas Ke-28 Provinsi Kepri Tahun 2021. (kepri.bkkbn.go.id/Muhammad Dwi Nanto)