PELAYANAN KB SERENTAK SEJUTA AKSEPTOR

Sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah  kesertaan ber-KB di Provinsi Kepulauan Riau, salah satunya melakukan pelayanan KB melalui berbagai momentum. Bulan Juni ini, BKKBN menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam  rangka peringatan Hari Keluarga Nasional ke – 28 yaitu Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor. Tak terkecuali Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri juga telah merancang untuk mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. dan telah dua kali dalam sepekan melakukan rapat secara virtual meeting bersama Ketua TP PKK Provinsi dan mitra kerja.

Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor menargetkan tercapainya semua peserta KB baik KB Baru, KB ulangan ataupun KB ganti cara. “ Kami sampaikan bahwa Tahun 2021 target Kepri  cukup tinggi dibandingkan tahun lalu, tentu hal ini jangan membuat kita tidak bersemangat. Ingat selain vaksin masyarakat juga butuh ber KB di masa pandemi , untuk itu kita harus optimalkan mitra kerja yang ada demi tercapainya target Pelayanan KB Sejuta Akseptor ini,” ungkap Mediheryanto, SH, MH., Kepala Perwakilan BKKBN Kepri dalam kegiatan Zoom Meeting Rapat Persiapan Tekhnis Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor yang dihadiri oleh 7 OPD KB Kabupaten/Kota dan 7 PC IBI Kab/Kota beserta utusan dari Faskes dan PMB. Tanggal 17 Juni 2021.

Dalam kesempatan itu juga Ketua PD IBI memberikan arahan kepada peserta yang hadir, “IBI siap mendukung kegiatan ini, dimana ada KB distu ada Bidan, dimana ada Bidan disitu ada KB,’.

Dalam pertemuan tersebut, tiga sub Kordinator Bidang KB KR memaparkan strategis dalam pelaksanaan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor pada tanggal 24 Juni 2021, yaitu melalukan  pelayanan KB Bergerak di 3 titik kabupaten/kota dengan tetap memperhatikan panduan pelayanan KB pada masa pandemik, melakukan Papsmear secara gratis untuk 50 orang akseptor MKJP yang telah dilayani , menyebarkan informasi tempat pelayanan KB di 7 Kabupaten/kota untuk memudahkan akspetor mendapatkan pelayanan KB secara gratis serta mendistribusikan alat dan obat kontrasepsi ke semua Gudang OPD KB sebelum pelayanan KB berlangsung.

Jika tidak ada halangan pada saat pelayanan KB Serentak di Provinsi Kepri Tanggal 24 Juni tersebut Bapak Gubernur Ansar Ahmad akan menyapa akseptor dan tenaga kesehatandi beberapa titik di 7 kabupaten/kota pada fasilitas kesehatan. “Saya berharap dalam pertemuan ini kita bisa merundingkan langkah-langkah apa yang sekiranya mampu kita sepakati dalam pelaksanaan Pelayanan KB Serentak ini agar bisa maksimal dan sukses.” pungkas Pak Medi

 

(purnawati nasution)