Lansia Butuh Perhatian Kita Bersama

Natuna-BKKBN Kepri. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Natuna, pada Rabu (17/06) melakukan kunjungan keliling kerumah-rumah para lanjut usia, dan program ini merupakan inovasi strategi pelaksanaan program yang di sebut dengan Kurmala: Kunjungan Rumah Lansia.

Kepala Bidang pengendalian Penduduk Keluarga Berencana P3AP2KB Kabupaten Natuna, dr. Fachry Husain menyampaikan bahwa pada kegiatan ini dilaksanakan pelayanan kepada 18 orang lansia.

“bersama Tim Peggerakan PKK kita memberikan bantuan berupa bingkisan makanan sehat, susu, biskuit, buah serta vitamin C dan uang tunai,” jelasnya.

Disamping memberikan bingkisan bantuan tim kesehatan yangterlibat juga melakukan pemeriksaan kepada lansia, serta edukasi kepada pihak keluarga lansia.

Dari hasil pemeriksaan tim medis, beberapa lansia memiliki gejala hipertensi berat dan langsung ditangani dengan memberikan pengobatan. Ada beberapa lansia juga mengalami gangguan pendengaran berat, gangguan penglihatan berat serta gangguan kejiwaan, sehingga dianjurkan untuk mendapatkan rujukan ke RSUD Natuna.

Bersamaan dengan itu juga Psikolog dari P2TP2A Sumarni S.Psi, M.Psi turut hadir memberikan pelayanan psikologis kepada para lansia dan keluarganya. Pemahaman edukasi, supporting serta pelayanan psikologis lainnya diberikan kepada mereka sesuai kondisi.

Beberapa pasien yang menunjukkan kelainan jiwa mulai dari yang ringan sampai berat langsung mendapatkan pengobatan secara rutin dari puskesmas. “Lansia di Desa Setumuk sudah mendapatkan perhatian yang cukup dari keluarganya dan tidak ada satupun yang ditelantarkan, tentunya ini sangat baik bagi lansia tersebut yang sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari anak ataupun keluarga yang mengasuhnya,” jelas Sumarni kepada media.

Meskipun beberapa lansia tinggal sendiri dan tidak mau menyulitkan anaknya untuk tinggal bersama mereka, tapi kunjungan dan perhatian memang paling dibutuhkan, apalagi mereka yang mempunyai keterbatasan penglihatan dan kecacatan yang lain yang menyulitkan untuk keluar rumah. Diharakan bersama secara bergotorong ulurkan tangan untuk membantu lansia.

Kegiatan ini berjalan lancar meskipun diselingi dengan gerimis, berkat dukungan Camat Pulau tiga Barat, kepala desa, petugas kesehatan, Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kabupaten Natuna serta seluruh masyarakat, pada pukul 13.00 WIB rombongan TP PKK dan Dinas P3AP2KB kembali ke ranai menggunakan pompong (perahu kayu) dan mengantar kembali mereka ke Pelabuhan Selat Lampa. (Fachri)