Kurmala: Kunjungan Rumah Lasia

Natuna-BKKBN Kepri. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna, pada Rabu (17/06) melaksanakan kegiatan inovasi Kurmala: Kunjungan Rumah Lansia, di desa setumuk kec P.3 Barat.

Ketua Tim PPK Kabupaten Natuna Hj. Nurhayati Hamid Rizal ketika diwawancarai menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan dalam bentuk pelayanan terintegrasi, yaitu bantuan sosial, pelayanan kesehatan dan psikologis, yang diberikan kepada para lansia, “terutama para lansia yang sakit, dan tergolong warga miskin,” terang Nurhayati.

Kurmala ini merupakan integrasi program antara bina keluarga lansia, puspaga dan kegiatan sosial dari Tim PKK dengan memiliki sasaran yan sama dan dilakukan secara bergotong-royong di waktu dan tempat yg sama.

Kegiatan yang digagas oleh kepala dinas bersama ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna diharapkan memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

“Warga yang tergolong lanjut usia merupakan golongan masyarakat yang rentan dan memiliki banyak problema, baik fisik, psikis maupun sosial, dan perlu diperhatikan bersama dan juga dipastikan mereka mendapatkan haknya dari pihak keluarganya,” tutur Rika Azmi, S.TP,. MM, Kepala dinas P3AP2KB Kabupaten Natuna.

Program yang digulirkan pemerintah sebenarnya sudah sangat baik, banyak instansi dan organisasi masyarakat bahkan pihak swasta yang memiliki sasaran yg sama yakni upaya mensejahterakan lansia dalam program kerjanya.

Integrasi program serta sinergisme akan meningkatkan kualitas, efektifitas, serta saling melengkapi sehingga pelayanan kepada lansia secara holistik integratif dapat memberi dampak yg positif kepada masyarakat.

kedepan, lanjut Rika Azmi, P3AP2KB akan menggandeng instansi dan organisasi masyarakat lain yang memiliki program dengan sasaran yang sama, agar kegiatan ini dapat berlanjut secara konsisten. (fachri)