Kaper BKKBN Kepri Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Batam-BKKBN Kepri. Setiap 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Tahun ini, merupakan yang keempat kalinya Hari Lahir Pancasila diperingati secara nasional. Presiden Joko Widodo, pada 2016, mengeluarkan keputusan bahwa 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila dan merupakan hari libur nasional.

Penetapan itu dilakukan setelah lebih dari 70 tahun Indonesia merdeka. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 yang diteken Presiden Jokowi di hadapan tokoh nasional saat kegiatan peringatan pidato Bung Karno di Bandung, Jawa Barat.

Keputusan tersebut sekaligus melengkapi Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2008 yang telah menetapkan 18 Agustus 1945 sebagai Hari Konstitusi.

Di tengah pandemi

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada Senin (1/5/2020) di Gedung Pancasila, yang disiarkan secara lansung dan resmi di edar melalui penayangan di Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Lebih kurang pukul 09:10 Waktu Indonesia bagian Barat upacara berlansung secara video conference atau jaringan online yang dipimping langsung oleh Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, dengan pidato kenegaraan.

Berdasarkan surat edaran Nomor 40 Tahun 2020 tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila harus turut serta dalam mengikuti upacara tersebut baik dari Pimpinan Pemerintah Pusat, Perwakilan Negara Asing, Pemerintah Daerah, didampingi oleh dua orang Pejabat Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama dan/atau Pejabat Administrator sesuai dengan struktur organisasi di masing-masing lebaga.

Perihal upacara kebangsaan ini juga diikuti lansung oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri, Mediheryanto, SH melalui menyaksikan langsung melalui siaran TVRI lansung di kediamannya.

Secara khidmat Mediheryanto berpakaian lengkap mengenakan jas mengiktui seluruh rangkaian Upacara Hari Lahir Pancasila sesuai dengan surat edaran (dn)

 

Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju.Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri, Mediheryanto, SH mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila Pada Senin 1 Juni 2020.Bertempat di kediamnnya, Kepala Perwakilan BKKBN Kepri mengikutinya secara khitmad siaran lansung Upacara Hari Lahir Pancasila yang disiarkan lansung oleh TVRI.Upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo diikuti Ketua MPR, DPR serta kabinet Indonesia Maju lainnya.Cintai Pancasila dengan menerapkan perilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan, musyawarah, persamaan derajat, dan saling tolong menolong (gotong royong).

Dikirim oleh Kencana Kepri pada Senin, 01 Juni 2020