Bupati Natuna: Sukseskan Program Banggakencana

Natuna, BKKBN Kepri. Bertempat diruang kerja Kantor Bupati Natuna, pada pukul 09:00 Wib, Jumat (13/03) Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri, Mediheryanto, SH, beserta sejumlah pejabat struktural melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan pembahasan pelaksanaan Program Banggakencana di Kabupaten Natuna, bersama Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Natuna menyambut dan merespon baik atas kedatangan tim FGD BKKBN Provinsi Kepri, dan sebagai mukadimah pembicaraan awal tentunya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri mengucapkan terima kasih atas ketersedian waktu dan tempat yang telah diberikan.

Didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendelaina Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA, Dalduk dan KB) Kabupaten Natuna, Dr. Rika Azmi, S.TP., MM, Kepala BKKBN Provinsi Kepri menyampaikan semua rencana Program Banggakencana, termaksud Indikator Pencapain Program kabupaten Natuna yang harus tercapai di Tahun 2020 ini.

Tidak hanya sekedar membahas tentang target atau pencapaian, penggunaan kotrasepsi, Mediheryanto juga menjelaskan tentang usulan alokasi rekruitmen tenaga Penyuluh Kelurga Berencana/Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PKB/PLKB) untuk wilayah pelaksanaan Program Banggakencana Kabupaten Natuna.

Tidak luput pada diskusi tersebut adalah membahas Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yakni kajian secara empirik dan ilmiah terhadap kondisi, potensi, masalah dan isu-isu strategis dari program Banggakencana untuk lima tahun kedepan, serta pembahasan diskusi tentang implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permandagri) Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah di Kabupaten Natuna.

Dari semua pembahasan yang disampaikan, yang tidak kalah penting adalah Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Natuna, “tentunya menyusun dan memiliki GDPK ini membutuhkan kebijakan dan dukungan yang kongkrit dari Bapak Bupati, termaksud didalamnya adalam pengganggaran anggaran daerah untuk menyusun GDPK sebagai kerangka acuan rencana pembangunan sumber daya manusia yang sejahtera di Kabupaten Natuna,” papar Medi kepada Bupati Natuna.

“Saya sangat jelas apa yang telah bapak papar barusan, dan saya akan mendukung penuh pada pelaksanaan Program Banggakencana di Kabupaten Natuna, bersama Ibu Kadis PPPA, Dalduk dan KB beserta jajaran OPD kami akan sinergakan pelaksanaan program ini, terang Hamid yang juga mengatakan bahwa Program Banggakencana harus sukses di Kabupaten Natuna. (dn)