Natuna Karantina 20 Remaja

Natuna, BKKBN Kepri. Kabupaten Natuna mengambil langkah dan keputusan untuk mengkarantina 20 Remaja yang telah terseleksi secara laik untuk menularkan virus Generasi Berencana (Genre). Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA Dalduk dan KB) mereka para remaja ini akan dikarantina selama tiga hari mulai dari 11 hingga 14 Maret 2020 di Natuna Hotel.

Sebelum masa karantina dilalui, seluruh peserta karantina wajib mengikuti Workshop Persiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) yang berlangsung selama dua hari. Kepala Dinas PPPA Dalduk dan KB, Dr. Rika Azmi, S.TP., MM menginginkan ke-20 remaja ini harus menjadi pembawa virus Genre ke kalangan teman sebanyanya, baik yang berada di lingkungan masyarakat atau tempat tinggal dan dilingkungan sekolah.

“Selama lima hari dimulai dari hari ini, kami memberikan materi-materi yang berkaitan dengan Program Genre, agar mereka semua paham dan lalu mengerti makna dari pelaksanaan Program Genre ini,” jelas Azmi kepada Kepri.bkkbn.go.id melalui pesan singkat aplikasi, Senin (09/03).

Dari sini Dinas PPPA, Dalduk dan KB membekali edukasi, komunikasi dan informasi, lanjunya, dari sejumlah pemateri yang kami hadirkan baik, dari Widyaiswara BKKBN Provinsi Kepri, Ketua BKMT, serta Psikolog dari P2TP2A.

Wabah Genre harus tersebar ke seluruh remaja yang ada di Natuna agar pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, triad kesehatan reproduksi remaja, berencana itu keren dapat menjadi tagar atau tagline utama dalam fase kehidupan remaja yang diinginkan oleh pemerintah dan orang tua.

Kepala Dinas PPPA, Dalduk dan KB setelah membuka kegiatan workshop, menyematkan 20 tanda kepesertaan kepada Remaja yang akan di karantina.

Peserta remaja yang dikarantina merupakan peserta Pemilihan Duta Genre Kabupaten Natuna, Duta Genre merupakan ajang pemelihan yang diselanggaran secara rutin setiap tahun, ajang yang merupakan pencarian model atau bakat remaja untuk menjadi tauladan bagi generasi penerus bangsa yakni Remaja diera millenial. (dn)