Elsimil Diharapkan Eliminasi Stunting

Simulasi Pendampingan Bagi Catin dengan Memanfaatkan Esilmil / Foto: Dwi

Ranai-BKKBN Kepri. Beberapa hasil kajian menunjukkah bahwa salah satu faktor yang berpengaruh pada kejadian stunting adalah kondisi ibu saat hamil dan melahirkan. Usia ibu saat hamil dan melahirkan berpengaruh pada kejadian stunting: makin muda usia ibu saat hamil dan melahirkan, makin besar kemungkinannya untuk melahirkan anak yang stunting. Ibu anemia dan indeks massa tubuh rendah juga dapat mengakibatkan hambatan pertumbuhan dan perkembangan pada janin dan bayi. Dalam beberapa penelitian, perilaku merokok dan keterpaparan terhadap asap rokok juga memiliki dampak pada gangguan kehamilan dan janin yang mengakibatkan bayi lahir stunting.

Salah satu upaya pemerintah dalam hal ini Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang dilakukan dalam rangka percepatan penurunan stunting yakni memastikan setiap calon pengantin berada dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil.

Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan skrining yang ditindaklanjuti dengan pendampingan kesiapan menikah calon pengantin dan hamil.

BKKBN berupaya mengembangkan aplikasi yang berfungsi sebagai (1) alat skrining untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin, (2) menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping, (3) media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil, terutama yang terkait faktor resiko stunting, dan (4) alat pantau kepatuhan calon pengantin dalam melakukan treatment peningkatan status gizi untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Direktur Ketahanan Remaja BKKBN, dr. Victor Palimbong melalui Koordinator Pengembangan BKR direktorat Bina ketahanan Remaja, Asep Sopari, SPd. M.Si sebelum aplikasi ini termanfaatkan secara luas dipandang perlu untuk melakukan tahap uji coba terlebih dahulu.

“Sebelum aplikasi skrining dan pendampingan pencegahan stunting bagi calon pengantin tersebut dilaunching atau digunakan, terlebih dahulu dilakukan ujicoba beberapa daerah di Indonesia,” terangnya kepada kepri.bkkbn.go.id setelah menyampaikan materi kegiatan Strategi Pencegahan Stunting Dari Hulu dengan Skrining, Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Gizi serta Pendampingan Bagi Calon Pengantin (catin) pada, Selasa (22/09/2021) di Gerai Natuna Resort.

Tampilan Aplikasi Elsimil / Foto: Dwi

Karena yang diujicobakan adalah aplikasi (IT based), dan didisain online, Asep menambahkan, Provinsi Kepri sebagai rovinsi kepulauan dan Kabupaten Natuna sebagai kabupaten terluar di Indonesia dipilih salah satunya untuk mengetahui aspek aksesibilitas, yaitu apakah aplikasi ini dapat dan mudah diakses oleh calon pengguna di lokasi ujicoba.

“Alasan lainnya untuk memperoleh praktik baik dalam upaya percepatan penurunan stunting karena Kab Natuna dalam lima tahun terakhir telah berhasil menurunkan prevalensi stunting (sumber data EPPGBM), ujarnya menjawab pertanya kenapa Natuna dijadikan daerah uji coba aplikasi yang diberi nama Elsimil ini.

Seharian penuh pelaksanaan uji coba aplikasi tersebut dengan menghadirkan sebanyak 40 peserta dihadiri tenaga pedamping, petugas Kantor Urusan Agama, tenaga medis kesehatan kelompok kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) serta tidak ketinggal calon pengantin (catin) itu sendiri.

Simulasi pendampingan bagi calon pengantin, diterapkan dalam pertemuan tersebut dan dari seluruh peserta yang hadir tampak antusias mengikuti jalannya simulasi tersebut. Catin bersimulasi melalui alur proses dari meja-ke meja pelayanan.

Dari simulasi tersebut diharapkan kemudahan mengakses aplikasi Elsimil, kemudian mengoperasionalkannya sebagai alat skrining untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin, menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping, media edukasi kesiapan menikah dan hamil, terutama faktor risiko stunting, serta alat pantau kepatuhan calon pengantin dalam melakukan treatment peningkatan
status gizi yang baik. (kepri.bkkbn.go.id/Mohd Dwi Nanto)

Open chat
Butuh Bantuan?
Perwakilan BKKBN Kepri
Hai Sobat Banggakencana Kepri
Nak Tau Informasi atau lain nya??
Jom hubungi kami ....