Natuna Menjadi Fokus Uji Coba Aplikasi Skrining Catin

Bupati Natuna, Wan Siswandi Menerima Kunjungan dari BKKBN / Foto Poppy

Ranai-BKKBN Kepri. Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri, Mediheryanto, SH., MH bersama Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Dr.dr. Brian Sri Prahastuti dan Direktur Ketahanan Remaja BKKBN, dr. Viktor Palimbong beserta sejumlah jajarannya menyambangi Bupati Natuna, Wan Siswadi, S.Sos., M.Si dalam rangka upaya pencegahan stunting (gizi buruk pada anak) di Natuna.

Bertempat di ruang kerja Bupati Natuna, Senin, 20 September 2021 Kepala Perwakilan beserta rombongan mengharapkan dukungan berupa komitmen dalam upaya penanggulan dan pencegahan stunting di Kabupaten Natuna.

dr. Viktor Palimbong/Foto Dwi

Butuh langkah kerjasama yang nyata dalam menekan angka stunting di Provinsi Kepri, termaksud di Natuna. “Salah satu upayanya adalah dengan memastikan setiap calon pengantin berada dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil,” papar dr. Viktor menjelaskan.

Diantara upaya tersebut, lanjutanya, dilakukan dengan melakukan skrining yang ditindaklanjuti dengan pendampingan kesiapan menikah dan hamil kepada calon pengantin (catin).

Saat ini BKKBN sedang membangun aplikasi yang berfungsi sebagai (1) alat skrining untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin, (2) menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping, (3) media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil, terutama yang terkait faktor risiko stunting, dan (4) alat pantau kepatuhan calon pengantin dalam melakukan treatment peningkatan stratus gizi untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Upaya pemanfaatan secara maksimal pada aplikasi tersebut, diharapkan tersedianya informasi/input untuk penyempurnaan penggunaan aplikasi dari calon pengguna dan para pihak yang terlibat dalam mekanisme skrining, pendampingan, dan pemanfaatan output aplikasi, serta alur distribusi suplemen untuk meningkatkan status status gizi calon pengantin.

Pada kesempatan tersebut Kaper BKKBN Kepri, Mediheryanto, juga mengharapkan kepada Bupati untuk berkenan untuk memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Pelaksanaan ujicoba penggunaan aplikasi skrining dan pendampingan Catin yang akan dilaksanakan pada Selasa (21/09/2021).

Pada uji coba aplikasi tersebut akan di hadiri sejumlah peserta diantara calon pengantin, tenaga/kader pendamping serta peserta dari Puskesmas dan Kantor Urusan Agama  (KUA) (kepri.bkkbn.go.id/Mohd Dwi Nanto)

Open chat
Butuh Bantuan?
Perwakilan BKKBN Kepri
Hai Sobat Banggakencana Kepri
Nak Tau Informasi atau lain nya??
Jom hubungi kami ....