BKKBN Kepri Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Batam, BKKBN Kepri. Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri bekerjasama dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Provinsi Kepri Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinis Kepri serta di dukung Salim Group menggelar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hami di Rumah Sakit Hj. Bunda Halimah Batam, Kamis, (09/09/2021).

Pelaksanaan vaksin bagi ibu hamil di Batam / Foto: Dwi kepri.bkkbn.go.id

Sejauh ini yang telah mendaftar lebih kurang sebanyak 400 peserta vaksinasi ibu hamil dengan jenis Vaksin Sinovac dosis pertama, dan secara bertahap telah terlayani sejak pukul 07:30 pagi waktu Batam.

Pencanangan vaksinasi bagi ibu hamil tersebut selain dihadiri Ketua POGI Provinsi Kepri, Rektor Universitas Batam (UNIBA), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Batam serta di hadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam Ibu Hj Marlin Agustina, juga selaku Wakil Gubenur Provinsi Kepri.

Pada kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam Ibu Hj Marlin Agustina menyatakan bahwa mulai saat ini ibu hamil sudah boleh dilakukan Vaksinasi Covid-19.

Diharapkan seluruh stakeholder dan organisasi bahu membahu untuk percepatan vaksinasi terhadap Ibu Hamil. Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan sekaligus mencanangkan Vaksinasi Covid 19 bagi Ibu Hamil Tingkat Kota Batam.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua POGI Kepri dr. Yanuarman bahwa ibu hamil merupakan populasi rentan terhadap Covid 19 yang perlu proteksi kesehatan dengan extra dikarenakan Ibu hamil tengah mengandung generasi penerus.

“Jadi kita berharap yang terbaik untuk Ibu Hamil. Salah satu bentuk upaya kita adalah memberikan vaksinasi Covid 19 bagi Ibu hamil dengan ketentuan usia kehamilan dari 12 minggu sampai 33 minggu,” jelas dr. Yanuarman dalam sambutannya,

Hal tersebut selaras dengan apa yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan melalui Surat Edaran No. HK.02.01/I/2007/2021 yang bisa diakses dan dibaca di https://covid19.go.id/p/regulasi

Mediheryanto, SH, MH Kepala BKKBN Provinsi Kepri menambahkan bahwa Sosialisasi Vaksin Ibu Hamil sudah kita lakukan dengan memanfaatkan Petugas Lapangan KB tingkat kelurahan dan kecamatan juga media lainnya serta melatih bidan sebagai Tim Vaksinator sehingga dharapkan ibu hamil tidak ada keraguan untuk di vaksin.

Dalam kesempatan itu juga Asisten Perekonimian dan Pembangunan Kota Batam, Pebrialin mewakili Walikota Kota Batam menyampaikan bahwa 26 kelurahan sudah memasuki zona hijau, hanya 1 yang masih berwarna orange sedangkan 37 zona kuning. Semoga dengan diperbolehkannya Ibu Hamil di vaksin maka herd immunity di kota Batam semakin meningkat.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama antara BKKBN prov kepri dgn rs Hj Bunda Halimah ttg pelayanan KB Rumah Sakit (PKBRS) dan KIE Konseling dan Penangan stunting. RS Hj Bunda Halimah akan menjadi Centre of Excellent (CoE) pelayanan Metode Operasi Wanita (MOW) atau Tubektomi. (kepri.bkkbn.go.id/Purnawati Nasution/Mohd Dwi Nanto)

Open chat
Butuh Bantuan?
Perwakilan BKKBN Kepri
Hai Sobat Banggakencana Kepri
Nak Tau Informasi atau lain nya??
Jom hubungi kami ....