Gubernur Kepri: BKKBN Kepri Terlibat Andil Pelaksanaan Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak

Rapat Virual Pelasanaan Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Hamil dan Anak. Foto: Dwi

Batam, BKKBN Kepri. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad menargetkan Vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12 sampai 17 Tahun rampung 100 persen di Kepri pada Agustus 2021.

“Kita mengejar pencapaian vaksinasi untuk bulan Juli ini mencapai 70 persen vaksinasi pada anak usia sekolah 12 sampai 17 tahun,” terang Ansar pada rapat pertemuan dengan seluruh kepala Dinas Pendidikan kabupaten/kota melalui virtual di ruang rapat lantai 7, Gedung Graha Kepri, Senin (05/07/2021).

Pertemuan tersebut merupakan amanah lansung Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam sambutan pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) untuk memberikan vaksin kepada ibu hamil dan anak dan BKKBN menjadi ujung tombak pelaksanaan vaksinasi yang menyasar anggota keluarga inti, termasuk anak-anak.

Gubenur Kepri, Ansar Ahmad memberikan arahan mengenai pelaksanaan vaksinasi kepada ibu hamil dan anak. Foto: Dwi

Pelaksanaan vaksinasi pada ibu hamil dan anak di Kepri juga merupakan hasil koordinasi bersama Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR) BKKBN dr. Eni Gustina mengenai latar belakang dilaksanakannya vaksinasi adalah kasus kematian ibu dan bayi yang meningkat akibat fokus rumah sakit terhadap covid-19.

Pada rapat tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, Mediheryanto, SH., MH diminta untuk menyampaikan secara teknis pelaksanaan vaksinasi ini.

Secara teknis pelaksanaan vaksinasi ini harus mendapat peryantaan resmi oleh orang tua anak untuk bersedia di vaksin, “peryataan resmi ini penting mengingat sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” paparnya.

Vaksin yang akan diberikan berjenis Sinovac dengan sasaran awal anak sekolah yang berada dalam usia tersebut.

Sesuai data, jumlah penduduk di Kepri dengan usia 12 sampai 17 tahun sebanyak 227.664 orang, dengan rincian 117.663 orang laki-laki dan 110.001 orang perempuan.

Gubernur Provinsi Kepri menginginkan pelaksanaan vaksinasi ini segera untuk dilaksanakan hari ini Selasa, (06/07) dan pencanangan awal dilsakanakan di Kabupaten Natuna, serentak di seluruh Provinsi Kepri. Efektif dan berjalan baik pelaksanaan vaksinasi anak sekolah akan tuntas dalam 20 hari kedepan. (kepri.bkkbn.go.id/Muhammad Dwi Nanto)