BKKBN Adakan Bulan Pelayanan KB Suntik

Batam, BKKBN Kepri – Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN) berupaya untuk meningkatkan cakupan pelayanan KB, khususnya kontrasepsi Suntik KB. Dalam rangka upaya peningkatan tersebut dilakukan Bulan Pelayanan KB Suntik serentak di secara nasional.

Berlansung selama 3 (tiga) bulan, dari Bulan Februari hingga Bulan April 2021 Pelayanan KB Suntik di akan di gelar.

Calon akseptor yang memperoleh peyalanan KB Suntik dapat mengunjungi fasilitas kesehatan atau Praktek Bidan Mandiri (PMB) diwilayah masing-masing.

“Bagi calon akseptor yang ingi memperoleh pelayanan KB Suntik, tentunya dapat mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat atau datang lansung ke PMB yang telah menjadi tempat rujukannya selama ini,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, melalaui Sub Koordinator Bidang Jalur Pemerintah dan Swasta, Purnawati Nasuiton, melalui pesan elektronik kepada kepri.bkkbn.go.id, Senin (01/3/2021).

Namun, untuk metode kontrasepsi lainnya juga bisa dilakukan, lanjut Purnawati Nasution yang biasa disapa Uthe.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan Bulan Pelayanan KB Suntik, untuk meningkatkan cakupan peserta KB melalui penyediaan alat dan obat kontrasepsi sesuai dengan kebbutuhan Pasangan Usia Subur (PUS).

Bersamaan dengan Bulan Pelayanan KB Suntik Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, Mediheryanto, SH., MH menginginkan adanya percepatan registrasi dari SIM BKKBN bagi PMB sehingga alat dan obat pemenuhan kebutuhan dapat terpenuhi.

Hal tersebut diutarakan pada saat rapat Koordinasi Bulan Pelayanan KB Suntik melalui virtual meeting yang di hadiri pengurus cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Organisasi Perangkat Daerah Keluarga Berencana (OPD-KB) serta PKB dari seluruh Provinsi Kepri, pada Jumat (26/2/2021).

Disamping hal tersebut Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dapat segera melaksanakan pemetaan terhadap peserta KB Aktif atau Ulangan di wilayah kerja masing-masign dan mengarahlan akseptor ke tempat fasilitas kesehatan atau PMB agar segera mendapatkan pelayana KB. (kepri.bkkbn.go.id/Purnawati Nasution/Muhammad Dwi Nanto)