Pelatihan CTU: Peningkatan Kualitas Tenaga Medis

Karimun, BKKBN Kepri. Bersama Pusat Pelatihan Klinik Sekunder (P2KS) Provinsi Kepri, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri melaksanakan pelatihan Contraceptive Technology Update (CTU) untuk 30 bidan yang yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Karimun.

Pelatihan CTU akan lebih menenkankan kepada pelatihan teknis pemasangan kontraspsi khusus jenis alat kontrasepsi dalam rahim yakni Intrauterine Device (IUD) dan Implant.

Pelatihan ini dimaksud agar peningkatan tenaga medis memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara prima kepada masyarakat khususnya calon akseptor di Kabupaten Karimun.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, Medi Heryanto, SH., MH, melalui Kepala Sub Bidang Jalur Pemerintah dan Swasta (Jalpemswa) BKKBN Provinsi Kepri, Purnawati Nasution, S.Sos., M.Si mengharapkan dengan pelatihan CTU Mandiri bagi tenaga kesehatan khususnya bidan maka kualitas pelayanan dan kemampuan Bidan akan meningkat sehingga mengurangi resiko atau tingkat kegagalan dalam penggunaan alat kontrasepsi.

“Serta didapatkan tenaga medis kompeten yang dapat melayani berbagai jenis metode kontrasepsi khusunya KB IUD dan Implant pemasangan maupun pencabutan bagi akseptor sesuai SOP,” papar Purnawati yang biasa disapa Uthe.

Pelatihan berlansung selama 4 hari penuh dan pelaksanaan praktek pelatihan dilaksanakan di dua tempat sekaligus yakni di unit pelayanan teknis Puskesmas Meral dan Skretariat IBI Kabupaten Karimun.

Pelatihan juga diawasi lansung oleh tenaga medis ahli dari P2KS Provinsi Kepri yakni Dr. Dharma Hazniadi., Sp.OG. (dwi)