Dukungan DAK, BOK dan Monev Kecamatan Galang

Batam, BKKBN Kepri. Bersama, pelaksana tugas Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) dan Keluarga Berencana (KB) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Dalduk dan KB (P3A Dalduk dan KB) Kota Batam, Liberty, bersama Sub Koordinator Bidang Perecanaan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berecana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Riau, dr. Denok Mayadewi, MH dan Sub Koordinator Bidang Penggerakan Advokasi dan KIE, Sri Parwanti, S.Pd., MH melaksakan kunjungan ke Balai Penyuluhan Galang, pada Selasa (10/11) di Kecamatan Galang, Batam.

Kunjungan tersebut di hadiri Petugas Lapangan Keluarga Berecana (PLKB) Kecamatan Galang serta Petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), serta lebih kurang sebanyak 6 orang hadir pada pertemuan yang berlansung pada pukul 09:00 WIB.

Pertemuan tersebut membahas mengenai pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Operasional keluarga Berencana (BOKB) tahun 2021 untuk Kecamatan Galang yang teranggarkan di BKKBN.

Adapun DAK yang disampaikan dalam perencanaan mencakupi bentuk fisik yakni, sepeda motor bagi PLKB, Pembangunan Balai Penyuluhan, seragam bagi PLKB-PPKBD, KIE KIT serta Genre KIT.

“Setiap sarana dan prasarana yang teranggarkan dan terbelanjakan dalam DAK harus sesuai dengan manfaat yang telah diberikan,”terang Liberty, jangan sampai terselewengkan dari maksud dan tujuan dari seluruh ketersedian sarana dan prasarana yang telah tersedia, lanjutnya mempertegas dari ketersedian sarana prasarana untuk pelaksanaan Program Banggakencana di Kota Batam.

Seluruh prasarana tersebut, terangnya kembali, jadikan untuk mendukung pelaksanaan program Banggakencana di wilayah Kecamatan Galang, “bersama kita sukseskan program Banggakencana untuk terwujudnya masyarakat dan keluarga yang sejahtera,” ujarnya.

Sedangkan dana BOKB merupakan anggaran non fisik, yaitu dukungan anggaran operasional untuk melaksanakan kegiatan berupa pertemuan yang dilaksanakan di balai penyuluhan, kegiatan-kegiatan di Kampung KB serta membangun rumah data kependudukan. Kegiatan rutin yang dapat dilakukan bisa berupa pertemuan Pusat Informasi Keluarga – Remaja (PIK-R) setiap bulan di Balai Penyuluhan.

Selain menyampaikan perencanaan dana DAK dan BOKB tahun 2021 tim Dinas P3A, Dalduk dan KB Kota Batam bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri melakukan monitoring dan evaluasi berupa inventaris Balai Penyuluhan di Kecamatan Galang, dan saat ini tersedia sarana berupa meja 4 unit, kursi 12 unit, laptop, infocus, dan komputer desktop semuanya 1 unit, dalam kondisi baik dan bisa dipergunakan. Serta tersedianya instalasi listrik dan air. (wanti)