SMA Yos Sudarso Kini Memiliki Kelompok PIK-R

Batam, BKKBN Kepri. Kepala sekolah SMA Yos Sudarso, Sumiati, S.Pd melantik sejumlah pengurus Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Yos Sudarso. Bertempat di ruang kelas sekolah SMA Yos Sudarso, Senin, (09/11), Sumiati, S.Pd melantik pengurus PIK-R Rumah Remaja dengan masa jabatan 1 (satu) tahun 2020 – 2021.

Dari terbentuknya pengurus PIK-R Rumah Remaja SMA Yos Sudarso, Sumiati berharap peserta didiknya dapat meningkatkan pengendalian sumber daya manusia yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan kehidupan  dan melewati 5 (lima) transisi kehidupan remaja, yaitu (1) Mempraktikkan Hidup Bersih dan Sehat, (2) Melanjutkan Pendidikan, (3) Mulai Berkarir, (4) menjadi anggota masyarakat yang baik, serta (5) Membangun keluarga yang berkualitas.

Hal tersebut disampaikannya dalam sambutannya disela pelantikan. “Remaja harus memiliki perencanaan yang matang setiap memapaki proses kehidupan, sesuai apa yang saya sebutkan, tugas pengurus PIK-R disini haru menjadi model atau contoh bagi kawan-kawan sebaya,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri, Mediheryanto, melalui Koordinator Bidang Dalduk KS, Humala Lubis yang turut hadir dalam acara pelantikan tersebut menjelaskan bahwa remaja harus mampu melewati tiga transisi kehidupannya, mereka diharapkan harus terhindar dari hubungan seksual sebelum menikah, menikah di usia dini, dan penyalahgunaan NAPZA.

“Harus dijauhi Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), jangan didekati, jangan pernah dicoba dan jangan sampaikan atau kampanyekan perihal ini kepada seluruh teman sebaya,” papar Lubis.

Kelompok Kegiatan bagi remaja ini adalah suatu wadah kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) yang dikelolah dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang PKBR serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Kelompok PIK Remaja adalah nama generik, untuk menampung kebutuhan program PKBR dan menarik minat remaja untuk datang ke PIK Remaja. (ant)