PKB/PLKB Natuna Harus Selalu Hadir Ditengah Masyarakat

Natuna, BKKBN Kepri. Ada peran dan tanggungjawab yang besar dipundak bagi Penyuluh Keluarga Berencana atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PKB/PLKB) yang bertugas di Kabupaten Natuna. Mereka harus mengawal setiap program yang bergulir dari pemerintah ke desa-desa, hal ini disampaikan Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalain Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PPPA, Dalduk & KB) Kabupaten Natuna, Dr. Rika Azmi, S.TP., MM, dalam sambutannya pada Pelatihan Pencatatan dan Pelaporan Bagi PKB/PLKB Kabupaten Natuna.

Selain bertugas mengawal dan melaksanakan program pemerintah, para PKB/PLKB Kabupaten Natuna juga berperan menjadi pelopor penerapan delapan fungsi keluarga dan menjadi contoh atau model dalam penerapan revolusi mental, sehingga tercipta masyarakat dan keluarga yang bahagia, mandiri dan sejahtera dalam ranka keimanan dan budaya tempatan.

“Untuk itu saya berpesan kepada seluruh PKB/PLKB agar menjalankan tugasnya. Menjadi pendamping bagi keluarga dan masyarakat ditempat tugasnya masing-masing serta menyampaikan informasi dan edukasi tentang pelaksanaan program pemerintah termaksud Program Banggakencana,” papar Dr. Rika Azmi, S.TP., MM, yang menginginkan bahwa pemerintah daerah selalu hadir ditengah-tengah masyarakat.

Dr. Rika Azmi, S.TP., MM, juga mengatakan bahwa penataan pengelolaan dan pendayagunaan bagi PKB/PLKB harus disiapkan dan harus diciptakan, sehingga PKB/PLKB Kabupaten Natuna memiliki sumberdaya manusia yang kompeten dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Mari kita bekerja, berpikir, dan bekerjasama untuk selalu hadir ditengah masyarakat, dan bersama kita ciptakan keluarga-keluarga di Kabupaten Natuna menjadi keluarga berkualitas,” terangnya kepada seluruh peserta yang hadir di Hotel Tren Center, Ranai-Natuna, Senin (24/02). (dn)