PEMADUAN PERENCANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN KKBPK TINGKAT PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Batam, BKKBN. Dalam rangka mewujudkan peningkatan sinergisitas, komitmen, dukungan dan kerjasama antara Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Mitra Kerja dalam perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri menggelar Pemaduan Perencanaan Program dan Anggaran KKBPK Tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota (KORENDA) Tahun 2020 di Hotel PIH Batam, Kamis (30/01). Kegiatan tersebut diikuti 60 peserta yang berasal dari OPD Provinsi, OPD-KB Kabupaten/Kota dan Perwakilan BKKBN Kepri.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BKKBN Kepri Mediheryanto, SH mengungkapkan bahwa ditahun 2020 arah kebijakan Pembangunan Nasional menitikberatkan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). “ Pembangunan Manusia Indonesia yang berkualitas itulah yang menjadi tujuan utama Program KKBPK. Dalam membentuk SDM yang berkualitas, BKKBN memiliki berbagai program unggulan mulai sejak manusia belum dilahirkan sampai pada usia lanjut. Jika keseluruhan program ini dapat berjalan dengan baik dimasyarakat, tentu akan berdampak terhadap peningkatan kualitas SDM Indonesia,” jelasnya dihadapan peserta.

BKKBN memiliki proyek prioritas yang mendukung Prioritas Nasional Pembangunan Manusia melalui Pengurangan Kemiskinan dan Peningkatan Pelayanan Dasar. Terdapat 4 proyek prioritas BKKBN yang mendukung Proyek Prioritas Nasional, yakni : 1) Pemenuhan ketersediaan alkon, 2) Promosi pengasuhan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), 3) Penyiapan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja, dan 4) Peningkatan promosi dan konseling kesehatan reproduksi berbasis komunitas. Dan dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat terjalin sinergitas antar satker dalam penyusunan program dan anggaran secara holistic, integrative dan tematik, sehingga pelaksanaan program KKBPK di masa mendatang dapat berjalan baik dan sesuai dengan arah kebijakan nasional,” ujar Mediheryanto.

Sementara itu, Syaifuddin,S.Sos selaku Sekretaris Perwakilan BKKBN Kepri mengatakan bahwa KORENDA tahun ini mengangkat tema “ Sinergitas Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Wilayah Provinsi Kepri Tahun 2020 dan Perencanaan yang KOmprehensif di Tahun 2021”. Dengan tema tersebut diharapkan dapat mencapai tujuan, output, outcome serta impact program KKBPK sebagai program strategis dalam pembangunan karakter guna mewujudkan Negara yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. (LM)